Pelatihan Peliputan Berita di Media Elektronik oleh Unit Publikasi FKIP Dalam Rangka Optimalisasi Website Prodi dan Lembaga Kemahasiswaan

Rabu, (12/08) Unit Publikasi FKIP dan Eduspot FKIP menyelenggarakan kegiatan pelatihan peliputan berita di media elektronik yang fokusnya adalah pemberdayaan website di tiap program studi maupun  lembaga kemahasiswaan. Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh perwakilan dosen dari tiap program studi yang bertanggung jawab mengelola website, serta perwakilan mahasiswa dari beberapa LK di lingkungan FKIP.

Acara pelatihan berlangsung selama kurang lebih empat jam. Dimulai pada pukul 12.30 hingga 16.30 sore hari. Adapun acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I, Dr. Sunyono, M.Si., dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ketua Unit Publikasi FKIP, Bayu Saputra, S.Pd., M.Pd. Materi yang disampaikan mencakup kiat dan aspek-aspek penting dalam proses peliputan serta penulisan berita di media online terutama website.

Usai pemaparan materi, acara berlanjut ke sesi tanya jawab dan diskusi terkait materi yang telah disampaikan, serta kendala yang ditemui dalam proses pengelolaan website, maupun penulisan konten berita.  Beberapa pertanyaan dijawab dengan amat baik oleh narasumber, salah satunya adalah terkait pemaksimalan dan pelibatan mahasiswa dalam keberlangsungan media online. Selain itu, dipaparkan pula kita-kiat dalam menjaga konsistensi para dosen maupun mahasiswa dalam menulis konten di media online, salah satunya dengan cara bergerak aktif dalam mencari tahu apa saja yang terjadi di lingkungan FKIP maupun UNILA.

Acara diakhiri dengan penjabaran kesimpulan dan juga pemberian tugas kepada para dosen dan mahasiswa untuk menulis satu konten berita yang akan diunggah pada website masing-masing prodi maupun LK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *